Tanpa basa-basi, langsung saja... Nyoohh!
LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah
Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan
kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka
kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri.
Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang
penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena
itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU.
Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni
corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer
operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena
dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO
diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di
sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha
jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di
SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya
cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang
telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka
Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya
tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31
(Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding denanda
yang kode 34.
cara buktiinya:
coba bagi anda yang
menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya
.jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua
1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor
dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda
bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut
di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang
kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom
bensin 34 bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun
kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis)..
coba anda
tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus,
pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1) karena
mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31. tapi tidak semua SPBU 34 seperti begitu
TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama
petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya...kenapa begitu? karena banyak
oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara
seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa
yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31
(Angka Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang
sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh...kalo anda sewaktu
ngisi bensin digituin, petugasnya ditegur aja..
ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah
tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya.
Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari,
sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas
lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis
perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan
bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan
penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam
business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena
temperatur
ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki
kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang
kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan.
Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa
yang kita sebut atap yang mengapung (Floating Roof) yang berfungsi
sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya
bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari
truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di
dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki
kendaraan anda.
Demikian dan semoga bermanfaat, tapi perlu di ingat, ini hanya wacana dan TIDAK SEMUA SPBU SEPERTI ITU! yaa kalau pun ada yang curang, biarin aja. biar Tuhan yang bales.
========
Tidak ada komentar:
Posting Komentar